Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menggambar Gelas Dan Botol Menggunakan Teknik Dusel | Pastel Diatas Kertas

Menggambar Gelas dan Botol


Selamat bertemu kembali dengan saya di blog GARASI MILENIAL,  Dalam Artikel ini kita akan mengajak sahabat semua belajar menggambar bentuk , kemudian mewarnai  menggunakan pastel diatas kertas, Dengan pemilihan model kali ini berupa botol dan gelas dengan teknik Dusel menggunakan Pastel diatas kertas.

Untuk memulai,  kita terlebih dahulu menyiapkan peralatan dan media kita, Disini saya menggunakan, Pencil untuk sket, penghapus, pastel, kapas atau cottonbad, dan kertas gambar A4. Dan model  boleh disiapkan atau dapat kita ambil dari koleksi gambar.

Setelah semua sudah kita siapkan maka selanjutnya kita membuat sket, seperti biasa kita amati model kemudian putuskan menempatkannya di permukaan lembar kerja kita, usahakan membuat ukuran yang seimbang sehingga terlihat baik dan tidak janggal.

Saat membuat sket, gunakanlah pencil yang halus atau tidak pekat, dan jangan lupa untuk mengamati permukaan model kita, tekstur dari model perhatikan refleksi  atau bias cahaya di permukaan gelas, untuk mempermudah kita nanti saat mewarnai . Perhatikan contoh sket di bawah :

Sket Gelas dan Botol

Kemudian , Setelah semua sket sudah kita buat dengan baik dan sudah proporsional, maka langkah selanjutnya adalah mewarnai menggunakan pastel.
Dalam proses mewarnai ini, sebenarnya kita harus memahami teori percampuran warna, supaya kita dapat mewarnai dengan baik, bila mana sahabat belum paham nanti dapat membacanya di “TeoriPercampuran Warna”.
Dan dalam artikel ini saya membubuhi contohnya dan juga video demonya,  dapat sahabat lihat nanti dibawah,  saya menggunakan pastel yang kadar minyaknya sedikit, supaya saat mewarnai dapat kita padu atau campur dengan teknik dusel (mengusap). Dapat dilihat contoh dibawah :

Mewarnai Gelas dan Botol
Mewarnai 2 Gelas dan Botol

 Kemudian saya memulai dengan menggunakan warna yang muda, dengan tujuan supaya dapat kita timpah dengan warna yang pekat, atau pastel dapat kita campur/aduk ketika diusapkan di permukaan kertas gambar atau media kita.

Sesudah semua permukaan objek atau model sudah kita warnai, selanjutnya untuk mendapatkan kesan dimensi saya mewarnai background atau latar belakangnya menggunakan warna yang gelap. Dengan mencapurkan atau memadu warna sehingga terlihat gelap. Lihat contoh dibawah :

Mewarnai 4 Gelas dan Botol

Namun dalam artikel ini dan juga  video video demo dibawah ini dapat sahabat lihat, untuk menghasilkan warna gelap saya terlebih dahulu mewarnai dengan kategori warna mudah yaitu biru,merah,hijau dan terkadang saya campurkan warna hijau atau coklat.

Kita lanjut, saat mewarnai ini, kita harus tetap mengamati pencahayan model untuk mendapatkan tekstur yang baik di lembar kerja.  Gelas teksturnya lumayan rumit karena dipermukaannya banyak refleksi atau bias cahaya,maka amati berulang ulang.

Dan bila semua sudah terlihat baik dan mirip seperti model kita, maka selanjutnya kita ketahap finishing.


Langkah terakhir ini adalah biasanya saya sebut dengan finishing, disini kita mengamati kembali secara global. Bila mana masih ada yang kurang dapat kita benahi kembali, dalam demo videodibawah dapat dilihat. Bahwa Bias cahayanya atau highlight, saya buat kembali dengan menimpa warna putih, dan area yang kurang gelap saya menimpa dengan warna yang hitam sehingga lowkey terasa. Dapat di lihat contoh dibawah :
Finishing Gambar Gelas dan Botol

Demikianlah  proses menggambar Gelas dan botol mengunakan teknik dusel dengan media pastel diatas kertas, semoga dapat bermanfaat, dan jikalau ada pertanyaan jangan lupa untuk menulis dikolom komentar ya, dan demo menggambar ini dapat dilihat di link youtube dibawah yang sudah disiapkan, dan sahabat semua jangan lupa  mendukung channel ini dengan SUBSCRIBE dan nyalakan loncengnya sehingga mendapat pemberitahuan video saya yang selanjutnya, terimakasih salam berkarya. –GARASI MILENIAL-Mahatma_Art.



Post a Comment for "Menggambar Gelas Dan Botol Menggunakan Teknik Dusel | Pastel Diatas Kertas"