Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Menggambar dan Mewarnai Buah Anggur Menggunakan Cat Air Diatas Kertas

Belajar Menggambar dan Mewarnai Buah Anggur

Halo sahabat GARASI MILENIAL, Topik dalam Artikel  ini adalah mengajak sahabat BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK, dengan Objek Buah Anggur Menggunakan Cat Air diatas kertas. Seperti dalam Artikel  sebelumnya bahwa, Menggambar bentuk adalah, merekam objek yang kita lihat ke atas  lembar kerja kita atau kanvas kita, menggunakan Pencil, cat, pena, tinta dan lainnya.  Dan menggambar bentuk ini bertujuan membuat objek sebaik dan semirip mungkin sehingga terlihat menarik, atau sering kita dengar dengan istilah STILL LIFE.

Untuk membuat gambar yang menarik dan baik, kita harus memiliki pemahaman dasar dari seni rupa, seperti unsur rupa yaitu Titik, Garis, Bidang, Bentuk, warna. Dan akan kita tata menjadi satu kesatuan atau unity menggunakan prinsip prinsip seni rupa seperti anatomi dan proporsi, komposisi, perspektif, terang gelap, keseimbangan atau blance, dan tentu dengan teknik kita juga.

Sebelum kita mulai, terlebih dahulu kita menyiapkan peralatan kita, dan dalam demo menggambar disini saya menggunakan Pencil, Penghapus, cat air, kuas, palet, dan alat penyeka seperti tissue kapas dan lainnya, kemudian untuk objek dapat menyiapkan bila ada dan jikalau tidak ada boleh mencari dari stok foto, namun saya sarankan lebih bagus kalau kita ada objek langsung.

Bila peralatan kita sudah semua lengkap, maka langkah pertama adalah membuat sket. Sket merupakan garis bantu yang menggambarkan secara keseluruhan dari objek atau model kita, Kemudian disini terlebih dahulu kita memutuskan letak yang baik di lembar kerja kita dengan tujuan membuat “POINT OF INTREST”. Bila sudah kita putuskan maka sudah dapat kita lanjutkan untuk membuat gambar, dan gunakanlah pencil yang halus atau tidak pekat dan saran saya untuk pencilnya menggunakan Tipe H, Hb, B, 2B. 

Saat membuat sket ini, kita harus merekam objek dengan seimbang, dan proporsinya yang tepat sehingga tidak janggal untuk dilihat, dan jika objek kita sifatnya kubis maka lebih baik menggunakan perspektif yang baik, namun model yang saya pilih disini hampir semua bentuknya bola dan juga ukurannya berbeda sehingga tidak terfokus menggunakan perspektif. dapat melihat contoh dibawah ini :
Sket Buah Anggur

Setelah Sket sudah selesai. langkah selanjutnya adalah proses mewarnai. Proses mewarnai,  membutuhkan banyak latihan  khususnya percampuran warna dan juga teknik. Mewarnai menggunakan cat air ini dapat memilih teknik Transparan, dan juga dengan teknik Block, atau sahabat, dapat juga menggambungkannya sesuai keinginan dan kemampuan kita. kemudian dalam mewarnai ini kebanyakan orang memulainya dengan warna yang paling muda, tentu berdasarkan warna warna yang ada dalam obyek atau model kita. dapat melihat contoh dibawah :

Mewarnai Buah Anggur

Beberapa hal penting dalam proses mewarnai ini adalah,  pencahayaan atau terang gelap di permukaan obyek atau model, sesudah warna yang paling muda kita buat,  selanjutnya amati obyek dan sheding semua warna yang tua berdasarkan warna dipermukaan obyek atau model.  biarkan bias cahaya tetap warna muda/terang, dan juga kita harus memperhatikan campuran cat dengan kadar air yang seimbang, dan boleh juga memainkan gradasi warna dengan pigmen cat menggunakan jumlah kadar air yang berbeda. Selanjutnya perhatikan tekstur dari model, dalam demo ini anggur memiliki tekstur yang menyerupai gelembung sehingga pencapaiannya tidak terlalu rumit kalau kita benar mengamati bias cahaya dipermukaan obyek. Perhatikan contoh dibawah ini :
Mewarnai 2 Buah Anggur

Dan yang terakhir,  kita boleh memberikan kesan Latar belakang (Background) sesuai keinginan kita.  latar belakang yang baik akan menonjolkan Point of intrest dengan kata lain terlihat dimensinya. Setelah semua sudah kita warnai maka yang terakhir adalah finishing, amati semua permukaan obyek dan cocokkan dengan hasil kerja kita. bila mana ada yang kurang baik maka kembali kita melengkapinya. nah sekianlah demo menggambar ini dan semoga dapat membantu sahabat semua saat belajar menggambar, salam berkarya dan Terimakasih,,,

Dan buat sahabat dalam artikel ini saya cantumkan video demo menggambarnya, dan sahabat dapat mengunjungi link youtube dibawah ini, untuk mendukung blog beserta Channel Youtube, jangan lupa SUBSCRIBE, Coment, Like dan share supaya sahabat lainnya mendapatkan informasi menggambar ini, dan nyalakan bel bila mau menerima pemberitahuan video baru dari saya,,salam GARASI MILENIAL – Mahatma_Art.


Post a Comment for "Belajar Menggambar dan Mewarnai Buah Anggur Menggunakan Cat Air Diatas Kertas"